↓↓ Click Picture Bellow To Watch Naruto Online Episode ↓↓
Watch Naruto Online Episode
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
↑↑ Translate To Your Language ↑↑

Kamis, 11 Oktober 2018

PERALATAN YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK MEMBUKA USAHA PERCETAKAN

   Jika anda kebelulan tinggal dilingkungan pendidikan seperti sekolah ataupun kampus tentu usaha percetakan ini sangat cocok jika anda jalankan, karena mayoritas anak sekolahan pasti membutuhkan percetakan baik itu untuk tugas biasa maupun untuk cetak karya tulis ilmiah.
   Yang jelas jika anda berniat membuka bisnis percetakan tentu anda akan bertanya apa saja sih peralatan yang mungkin di perlukan sebelum anda mulai membuka usaha percetakan, silahkan disimak artikel berikut ini. 



   Apasaja Peralatan yang wajib dimiliki Percetakan? 

   1. Printer
   Jika anda hendak membuka usaha percetakan tentu benda atau peralatan paling utama yang harus anda miliki adalah Printer, ya jelas printer ini sudah pasti dibutuhkan sebab bagaimana mungkin kita bisa membuka usaha percetakan kalau kita saja tidak memiliki mesni cetak (printer )Sebagai bahan referensi, saya merekomendasikan printer EPSON. meskipun harga printer dan tinta terbilang cukup mahal, tapi hasil yang diberikan cukup memuaskan. selain memberikan hasil cetakan yang bagus, printer ini juga jarang mengalami kerusakan yang biasanya sering dialami printer lain.
   
   2. Perangkat PC (Desktop / Laptop)
    Kalau untuk percetakan pasti tidak bisa dihindari kebutuhan komputer sebagai media nya ya?
  Baik untuk proses pengeditan dokumen yang hendak di cetak, ataupun keperluan lain seperti mengedit foto pesanan pelanggan. Yang pasti usaha percetakan tidak mungkin bisa dijalankan tanpa perangkat komputerisasi.
   Pakai komputer yang speknya low-end saja atau bisa juga second untuk menghemat budget
Nah karena percetakan bisanya membutuhkan komputer lumayan banyak yang tentu harus menyesuaikan dengan jumlah printer yang anda miliki.
  Maka tips cara mengakali besarnya biaya pembelian perangkat komputer anda bisa membeli perangkat komputer low-end atau kalau tidak, anda bisa membeli komputer second (bekasan)..
  Syaratnya yang penting perangkat komputer tersebut bisa menjalankan word, editor photo, dan apikasi pendukung lainnya serta tidak lemot.
  Karena kalau anda membeli komputer baru semua dan speknya high-end tentu anda akan merugi karena harus mengeluarkan biaya super besar, belum lagi nantinya komputer tersebut cuma digunakan untuk mengedit teks dan juga gambar. Nah tapi siapakah 1 saja yang slek sedikit mempuni kusus untuk yang akan anda sendiri pakai.

  3. Pemotong Kertas
   Pemotong kertas yang saya maksud disini adalah pemotong kertas jepit yang besar dan bisa digunakan untuk memotong kertas tebal dalam jumlah banyak sekalian ya.

   4. Stapler/Staples
   Anda pasti taukan kegunaan peralatan yang satu ini? stables digunakan untuk menggabungkan lembar lembaran dokumen yang telah dicetak agar tidak mudah terpisah antara satu dengan lainnya. Stables yang di butuhkan biasanya ada beberapa jenis berdasarkan keperluannya, yaitu:
  - Staples kecil digunakan untuk menstaples dukumen dalam jumlah yang sedikit/tipis.
  - Staples sedang biasanya digunakan untuk dokumen cetak yang lumayan tebal.
  - Sedangkan staples yang besar untuk dokumen yang tebal seperti karya ilmiah, skripsi dan lain-lain.

   5. Mistar/Penggaris dan Lakban Hitam
   Mistar besi/penggaris besi biasanya digunakan untuk mempermudah proses pemotongan tepi oleh cutter, tujuan penggunaannya ya tentu saja agar hasil pemotongan tepi pada laporan yang telah kita jilid/cetak akan rapi.
   Sedangkan lakban hitam biasanya digunakan untuk menutupi sudut potong buku yang telah di stapler.

   6. Mesin Fotocopy
   Kurang lengkap rasanya membuka usaha percetakan kalau tidak ada mesin fotocopy nya, memang sih harga mesin yang satu ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin mesin keperluan percetakan yang lainnya tapi ya mau bagaimana lagi karena fotocopy ini yang paling dibutuhkan baik untuk keperluan belajar mengajar disekolahan, maupun keperluan pekerjaan dan dinas.

   7. Laminating
  Luminating biasanya diperlukan jika usaha anda sering melayani pembuatan dokumen dokumen penting misalnya seperti sertifikat tanah, piagam dan surat berharga lainnya, tidak semua sih percetakan itu memiliki luminating karena sebagian percetakan masih menganggap jika yang memerlukan jasa luminating ini masih sedikit lebih jarang dibandingkan dengan foto copy biasa ataupun cetak pada umumnya, tapi kalau anda memang memiki modal kenapa tidak sekalian dilengkapi.

   8. Flashdisk (optional)
   Flashdisk sebainya disiapkan oleh anda minimal satu buah untuk jaga jaga kalau pelanggan yang datang membawa laptop dan tidak memiliki flashdisk sendiri,.
   Harganya tidak mahal kok untuk satubuah flashdisk ukuran 8 gb harganya paling tidak sampai 50 ribu. Jadi untuk kenyamanan pelanggan apa salahnya disiapkan.

   9. Koneksi Internet / Wi-fi
   Kadang kala ada beberapa pelanggan yang ingin mencetak file atau dokumen yang ada di internet, email, atau portal kampus, jadi kalau bisa siapkan koneksi internet, sehingga diperlukan memasang wifi ya setidaknya anda siaplan satu buah komputer yang terpasang modem untuk mempermudah proses percetakan.

   10. Kertas HVS, Mika dan Buffalo


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor Count

free counters

Website Hit Counters